91,2% Mayoritas Pemudik Puas dengan Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran.

Tuesday, 15 April 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat tinjau lokasi Mudik Lebaran 2025

Foto: Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat tinjau lokasi Mudik Lebaran 2025

JAKARTA ,newsline.id – Hasil survei yang dilakukan oleh Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan tingkat kepuasan tinggi dari para pemudik terhadap rekayasa lalu lintas dan infrastruktur jalan selama musim mudik Idulfitri 1446 H.

Dari total responden yang mengikuti survei, sebanyak 91,2 persen menyatakan puas atas kebijakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh jajaran Kepolisian.

Direktur Riset dan Komunikasi KedaiKOPI, Ibnu Dwi Cahyo, mengungkapkan dalam konferensi pers bold pada Senin (14/4/2025), bahwa 96,1 persen pemudik juga memberikan penilaian positif terhadap kondisi infrastruktur jalan, baik tol maupun non-tol, yang digunakan selama perjalanan mudik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Foto: Ibnu Dwi Cahyo, Direktur Riset dan Komunikasi KedaiKOPI

“Respon mayoritas menilai jalanan dalam kondisi baik dan rekayasa lalu lintas cukup efektif mengurai kepadatan selama arus mudik,” jelasnya.

Selain itu, survei juga mencatat kepuasan pemudik terhadap berbagai fasilitas pendukung, seperti layanan posko kesehatan (92,9 persen), ketersediaan BBM di rest area (95,8 persen), kebersihan tempat makan (91,1 persen), kenyamanan area istirahat (89,1 persen), dan kondisi toilet (86,2 persen).

Dari sisi pengamanan dan kelancaran lalu lintas, kinerja lalu lintas polisi juga mendapat apresiasi positif. Sebanyak 87,9 persen responden merasa aman selama perjalanan, sedangkan 86,3 persen mengaku puas terhadap kelancaran arus mudik yang dijaga oleh Polantas. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun lalu, terutama pada aspek kehalusan yang naik sebesar 3,8 persen.

Sementara itu, layanan darurat juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepuasan masyarakat, dari sebelumnya 61,2 persen pada tahun lalu menjadi 90,3 persen pada tahun ini.

Survei KedaiKOPI ini dilakukan pada periode 2 hingga 8 April 2025 dengan melibatkan 1.062 responden yang melakukan perjalanan mudik. Metode survei dilakukan secara berani menggunakan pendekatan CASI (Computerized Assisted Self Interview). Redaksi. 

Berita Terkait

Mengenal Ps Kasi Humas Polsek Rumbai Pesisir Pendiri Pondok Al-Qur’an Gratis Berujung Hadiah Dari Kapolri
Satgas Yonif 741/GN Pos Fatuha Berhasil Temukan Korban Dugaan Pemerkosaan dan Kekerasan
Polres Tabanan Gencarkan Blue Light Patrol, Tekan Potensi Kejahatan 3C di Malam Hari
Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Tabanan, Wujudkan Kamtibmas Kondusif di Tengah Malam
Apresiasi Personel Pemilik Pesantren Gratis, Kapolri “Perwirakan” Aiptu Jimmi
Pimpinan Redaksi newsline.id Bali Ucapkan Selamat kepada Kasi Humas Polres Kediri AKP Sriati yang Menjabat Kapolsek Papar
PLN Jadi Perusahaan Energi Terbaik Untuk Mengembangkan Karir Di Indonesia Versi LinkedIn
Sertijab 3 Kapolsek ,Kasi Humas Polres Kediri Duduki Jabatan Baru Kapolsek Papar

Berita Terkait

Sunday, 27 April 2025 - 19:21

Mengenal Ps Kasi Humas Polsek Rumbai Pesisir Pendiri Pondok Al-Qur’an Gratis Berujung Hadiah Dari Kapolri

Sunday, 27 April 2025 - 14:35

Satgas Yonif 741/GN Pos Fatuha Berhasil Temukan Korban Dugaan Pemerkosaan dan Kekerasan

Sunday, 27 April 2025 - 14:35

Polres Tabanan Gencarkan Blue Light Patrol, Tekan Potensi Kejahatan 3C di Malam Hari

Sunday, 27 April 2025 - 14:16

Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Tabanan, Wujudkan Kamtibmas Kondusif di Tengah Malam

Saturday, 26 April 2025 - 07:02

Apresiasi Personel Pemilik Pesantren Gratis, Kapolri “Perwirakan” Aiptu Jimmi

Berita Terbaru

Kabupaten Tabanan

Polsek Selemadeg barat Gelar Patroli Malam Menjelang Dini Hari

Sunday, 27 Apr 2025 - 17:49